Senin, 20 Februari 2017

Keberagaman Kepercayaan di Indonesia : Islam

Indonesia adalah negara yang penduduknya terdiri dari berbagai macam latar belakang agama dan kepercayaan yang berbeda. Mulai dari 6 agama yang diakui yaitu agama mayoritas Islam, lalu Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Konghucu, selain 6 agama yang diakui diatas ada banyak agama dan kepercayaan lainnya yang terdapat di indonesia seperti Kejawen, Hindu Dharma, Parmalim, Yahudi dan banyak lainnya.

Pembahasan kita kali ini mengenai perkembangan agama Islam di Indonesia. Perlu diketahui bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk Islam terbanyak di dunia yaitu mencapai 90% dari seluruh penduduknya yang mayoritas dari mereka menyebar di Sumatra, Jawa, Maluku dan Sulawesi, sebagian di Kalimantan, Sulawesi Papua dan pulau lainnya. Lebih dari 95% penganut Islam di Indonesia adalah Sunni beberapa Syiah.

Walaupun agama mayoritas di Indonesia, Islam bukan agama yang pertama ada di Indonesia, jauh sebelum Islam sampai di Indonesia ada agama Hindu dan Buddha yang lebih dulu tumbuh dan berkembang di Indonesia, sebelum Agama Hindu Buddha ada Kejawen yang mana ajarannya berasal dari 3 pokok ajaran yaitu Sunda Wiwitan, Hyang, dan Dewi Sri yang tumbuh di jawa. Lain halnya dengan tanah batak yang memiliki Parmalim, Parmalim adalah agama yang dianut penduduk Batak sebelum Kristen, Katolik, dan Islam datang ke Indonesia. Ajaran Parmalim ini lebih mirip ke tata cara Yahudi Kuno

Kapan dan Bagaimana Islam masuk ke Nusantara?

Cara masuknya islam ke Nusantara terbagi atas 3 teori besar yaitu :
  1. Teori Makkah
    Teori ini menyebutkan kalau islam di Indonesia dibawa langsung oleh pedagang muslim Arab yang berdagang ke Nusantara pada sekitar abad 12 - 13
  2. Teori Persia
    Teori ini menyebutkan kalau Islam di Indonesia dibawa oleh pedangang Persia yang singgah di India dan membawa agama Islam ke Nusantara juga melalui jalur perdagangan pada sekitar abad ke 12 - 13
  3. Teori Gujarat - India
    Teori ini menyebutkan kalau Islam di Indonesia dibawa oleh pedangang Muslim dari Gujarat India ke Nusantara juga melalui jalur perdagangan. Tetapi teori ini ditentang oleh Hamka yang menyebutkan kalau Islam di Indonesia tidak mungkin dibawa oleh pedagang India, karena Islam di Indonesia didominasi oleh Islam Sunni, sedangkan India kala itu didominasi oleh Syiah.
Mengenai kapan pertama Islam masuk ke Indonesia masih menjadi perdebatan karena ditemukannya sebuah naskah Tiongkok yang menyebutkan kalau Islam telah masuk ke Indonesia sejak tahun 625 M, dan bermukim di pantai barat sumatra, tepatnya disekitar Tapanuli Sumatra Utara saat ini, dan diduga adalah cikal bakal berdirinya kerajaan Sriwijaya.

Bagaimana Perkembangan Islam di Indonesia sampai saat ini?

Setelah masuknya islam di Nusantara pada sekitar abad ke 12 - 13 M untuk selanjutnya Islam menyebar dengan cepat ke beberapa daerah pada abad ke 16 sudah banyak didirikan kesultanan Islam di Nusantara antara lain Aceh, Sriwijaya dan lain lain.

Walaupun banyak tetapi antara tiap tiap kesultanan ini tidak membentuk aliansi sehingga yang pada waktu itu VOC telah datang di Nusantara dapat dengan mudah menguasai kerajaan kerajaan Islam tersebut. 

Baru pada tahun 1800 akhir sampai awal 1900 muncul pergerakan baru dari kerajaan kerajaan ini yang menambah jumlah Muslim di Nusantara dan sekaligus membentuk beberapa pergerakan Nasional yang sudah mulai terorganisir.

Islam yang awalnya banyak tersebar di Indonesia bagian Barat dan Tengah mulai tumbuh setelah diadakannya Transmigrasi besar besaran pada masa Soeharto dari Jawa ke Wilayah Timur Indonesia.

Hingga saat sekarang Islam telah menjadi agama Mayoritas penduduk Indonesia yang mana hampir 90% dari penduduk Indonesia beragama Islam berdasarkan Sensus penduduk tahun 2010 silam, dan Islam yang merupakan agama dengan pemeluk paling banyak di Indonesia telah memiliki paling tidak 600 ribu total bangunan Masjid dan Mushalla di seluruh penjuru Indonesia

Dalam pendidikan telah banyak berdiri Pesantren yang diperkirakan adalah sistem pendidikan tertua di Indonesia, juga Madrasah dan Universitas Islam.

Dalam bidang politik Islam juga memiliki pengaruh yang besar, terlebih setelah reformasi 1998 yang semula hanya memiliki satu partai Islam menjadi total 6 partai politik yang berasaskan Islam yaitu PPP, PKS, PAN, PKB, PBB, dan PBR.

Walaupun memiliki pengaruh yang sangat besar di bidang politik tidak serta-merta menjadikan Indonesia adalah negara Islam, namun ada beberapa daerah yang diberi keistimewaan untuk menerapkan syariat Islam seperti contohnya Aceh.

Sekian.

0 komentar:

Posting Komentar