Senin, 31 Juli 2017

Ada Apa di Al Aqsa?

Baru baru ini banyak berita yang mengabarkan tentang peristita terjadi di Al Aqsa, dan banyak berita simpang siur dan terkesan "berat sebelah" dan tidak berimbang dalam menyampaikan kronologis peristiwa, berikut ini saya paparkan "kronologis awal" demonstrasi yang baru baru ini terjad di Al Aqsa.


Apa akar permasalahan yang terjadi di Al-Aqsa?

Banyak berita yang beredar baik di Instagram, Facebook, Line dan situs jejaring sosial lainnya mengenai peristiwa yang terjadi di Al Aqsa, namun tak banyak yang menceritakan "Kenapa hal tersebut terjadi?". Kita semua tentu sepakat kalau "tidak ada asap kalau tidak ada api" begitupula dengan peristiwa di Al Aqsa baru baru ini.

Awal mula dari perselisihan ini adalah peristiwa penembakan kepada 2 orang polisi Israel pemuda bersenjata di kompleks Haraam Al Sharif Jerusalem tepatnya di "Lion Gate" tak jauh dari Masjid Al Aqsa. Penembakan ini menewaskan 2 orang polisi yang diketahui bernama Hael Sathawi, (30) dan Kamil Shnaan, (22).

Setelah menembak 2 orang petugas polisi tersebut, pelaku yang dikejar kabur ke arah Kompleks Dome of Rock yang tak jauh dari Al Aqsa, terjadi baku tembak antara petugas keamana dengan pelaku yang diketahui bernama Mohammed Ahmed Mohammed Jabareen, (29) Mohammed Ahmed Mafdal Jabareen, (19), dan Mohammed Hamed Abd Al Latif Jabereen (19).

Baku tembak ini menewaskan 3 pelaku di dalam kompleks suci Dome of Rock, dan setelah insiden ini tempat kejadian ditutup selama dua hari, setelah dibuka pihak keamanan Israel memutuskan untuk meningkatkan kemanan kompleks disekitar Al Aqsa dengan memasang sejumlah kamera pengaman dan detektor logam.

Sumber : - The Guardian : Two Israeli police and three gunmen killed in shootout at holy site
elisihan ini adalah peristiwa penembakan kepada 2 orang polisi Israel pemuda bersenjata di kompleks Haraam Al Sharif Jerusalem tepatnya di "Lion Gate" tak jauh dari Masjid Al Aqsa. Penembakan ini menewaskan 2 orang polisi yang diketahui bernama Hael Sathawi, (30) dan Kamil Shnaan, (22).
CNN : 2 Israeli police officers killed in shooting in Jerusalem's Old City

Peningkatan pengamanan ini rupanya tidak diterima oleh sejumlah muslim palestina yang meminta agar detektor logam segera dilepaskan, karena dinilai menghalangi mereka yang ingin beribadah di Al Aqsa, masa memilih untuk beribadah di luar Al Aqsa dan melakukan serangkaian demonstrasi agar pihak keamanan Israel melepaskan detektor logam. Demonstrasi yang dilakukan muslim palestina dibubarkan dengan beberapa peluru karet dan gas air mata yang mengenai salah seorang imam Al Aqsa Syeikh Ikrima Sabri.

Bagaimana kondisi Al Aqsa terkini?

Saat ini pihak keamanan Israel telah melepaskan Instalasi keamanan metal detektor di lingkungan Al Aqsa pada Selasa 27 April silam dan para jemaah telah kembali beribadah di dalam Masjid Al Aqsa. Pelepasan instalasi keamanan ini disambut meriah oleh muslim palestina dengan berkumpul di kompleks kota tua Jerusallem dan merayakan pelepasan ini dengan arak arakan dengan kendaraan, mengibarkan bendera Palestina, dan kembang api.

Sumber : - The New Arab : Palestinians celebrate as Israel removes Aqsa security measures
Al Jazeera : Israel removes more al-Aqsa security installations

0 komentar:

Posting Komentar