Minggu, 31 Mei 2015

Miskonsepsi dalam Evolusi.

Banyak orang yang merendahkan teori evolusi sedangkan mereka belum paham benar apa dan bagaimana evolusi terjadi, untuk kali ini kita akan "meluruskan" salah paham tersebut.

Apa itu evolusi?
perubahan pada sifat sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya. Perubahan-perubahan ini disebabkan oleh kombinasi tiga proses utama: variasi, reproduksi, dan seleksi.


Bagaimana Evolusi Bekerja?
Sifat-sifat yang menjadi dasar evolusi ini dibawa oleh gen yang diwariskan kepada keturunan suatu makhluk hidup dan menjadi bervariasi dalam suatu populasi. Ketika organisme bereproduksi, keturunannya akan mempunyai sifat-sifat yang baru. Sifat baru dapat diperoleh dari perubahan gen akibat mutasi ataupun transfer gen antar populasi dan antar spesies. Pada spesies yang bereproduksi secara seksual, kombinasi gen yang baru juga dihasilkan oleh rekombinasi genetika, yang dapat meningkatkan variasi antara organisme. Evolusi terjadi ketika perbedaan-perbedaan terwariskan ini menjadi lebih umum atau langka dalam suatu populasi.

Selanjutnya mari kita merangkum dan meluruskan salah paham dalam teori tersebut.
  1. Itu cuma teori
    Ini adalah alasan bagi banyak orang untuk tidak percaya evolusi, padahal mereka tidak tahu sama sekali pengertian dari "Teori", menurut kbbi
    teori/te·o·ri/ /téori/ n 1 pendapat yg didasarkan pd penelitian dan penemuan, didukung oleh data dan argumentasi

    Sedangkan dalam sains "teori" sendiri mendapat tempat yang hampir sama dengan "Hukum" yang membedakan teori dan hukum adalah Hukum menjelaskan hitungan matematis dan bisa diprediksi apa yang akan terjadi kedepannya, misal hukum Archimedes yang menjelaskan hitungan matematis tentang gaya keatas benda dalam zat cair, dan tentu kita bisa memprediksi apa yang akan terjadi jika kita mamasukan sebuah benda dalam zat cair kalau kita mengetahui variabel variabelnya.

    Sedangkan Teori menjelaskan penyebab kenapa sesuatu dapat terjadi, misalnya penemuan fosil fosil kuno yang mengindikasikan adanya evolusi tadi tetapi kita belum tidak bisa menebak apa yang akan terjadi di evolusi mendatang
  2. Mutasi Genetik melahiran keturunan yang cacat.
    Pendapat ini sudah pasti salah, karena mutasi genetik itu bisa ke arah positif atau negatif, disinilah Seleksi alam bekerja, Seleksi alam menghentikan mutasi genetik yang negatif karena mereka tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan, sebaliknya mutasi genetik yang mengungtungkan tadi akan sangat dibantu oleh kondisi alam.

    Misalnya, diketahui kalau awal mula penyebaran manusia kuno itu diawali di daerah Afrika, yang mana kita tahu kalau Afrika adalah benua yang memiliki banyak sabana dan tidak terlalu banyak hutan yang lebat yang berakibat sangat tidak diuntungkannya perkembangan makhluk hidup yang lambat dan tidak cukup tinggi untuk mendeteksi datangnya ancaman predator.

    Hal ini menuntut manusia purba yang memiliki tubuh belum tegak agar bisa menyesuaikan diri untuk melihat datangnya ancaman mutasi mutasi tadi bekerja dari generasi ke generasi, mutasi yang menghasilkan individu yang tidak bisa bertahan di kondisi sabana afrika akan mati dengan sendirinya karena tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya tadi, sedangkan mutasi yang menguntungkan misalnya memiliki postur lebih tegap akan makin banyak dari generasi ke generasi.
  3. Manusia dari kera.
    ini adalah kesalahan umum yang ada pada masyarakat, yang mengatakan kalau manusia tidak mungkin dari kera. Tetapi kenyataannya evolusi tidak pernah mengatakan kalau manusia modern (homo sapiens) itu berasal dari kera. Evolusi mengatakan kalau Manusia dan Kera itu memiliki 'common ancestor' atau nenek moyang yang sama.

    Kalau dianalogikan dalam keluarga berarti anda dan sepupunya anda memiliki buyut yang sama dan tidak mungkin kalau anda berasal dari keturunan sepupu anda.
  4. Ada Missing Link didalam evolusi
    Missing Link memeang adalah argumen andalan penolak evolusi untuk membungkam orang orang yang mendukung evolusi kurang lebih 90 tahun yang lalu
Apabila ada pertanyaan dan kritik silakan komen dibawah.

2 komentar: